JAKARTA, Warungdesa.co.id – Kalian tau gak sih ternyata banyak sekali jenis ikan cupang yang semenjak pandemi Covid-19 menyerang, jadi banyak banget loh orang yang memelihara ikan hias yang satu ini. Mau tau apa saja “Jenis Ikan Cupang Termahal di Indonesia” Yuk simak ulasannya berikut!

Tren hobi baru dikalangan masyarakat Indonesia selain merawat tanaman hias dari yang harga nya murah hingga jutaan rupiah, masyarakat Indonesia juga memiliki tren hobi yang gak kalah booming nih yaitu memelihara ikan cupang.  Yap,  ikan yang bernama latin Betta ini adalah ikan air tawar yang biasa ditemui dari beberapa negara di Asia Tenggara seperti di Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam

Banyak sekali jenis ikan cupang yang ada di Indonesia, namun tidak semua memiliki harga yang sangat mahal namun hanya beberapa yang terkenal dan dijual dengan harga yang tinggi. Mahal nya harga ikan cupang biasanya dilihat dari keunikan dan karakteristik ikan tersebut. Berikut jenis – jenis ikan cupang termahal di Indonesia :

  1. Ikan Cupang Kachen Worachai 
Sumber : popbela.com – Ikan Cupang Kachen Worachai

Coba kalian perhatikan nama dan corak dari ikan cupang jenis yang satu ini . Pasti langsung tau kan dari mana asal ikan yang harganya sampai puluhan juta ini. 

Yap, betul! Ikan cupang Kachen Worachai ini berasal dari Thailand. Dengan corak yang dominan berwarna biru, merah dan putih ini menyerupai warna dari bendera Thailand loh! 

Ikan ini masuk kedalam jenis ikan cupang termahal di Indonesia loh. Dengan keunikan yang dimiliki ikan cupang Kachen Worachai ini, ia dijual dengan harga sampai 53.500 baht atau setara dengan Rp 25,2 juta!

  1. Ikan Cupang Halfmoon
Sumber : wp.com – Ikan Cupang Halfmoon

Jenis ikan cupang termahal di Indonesia lainnya adalah Ikan Cupang Halfmoon. Ikan cupang jenis ini terkenal dengan keindahan sirip dan ekor nya yang simetris dan lebar yang menyerupai bentuk setengah bulan. Kecantikan ikan cupang halfmoon ini terdapat pada hampir seluruh bagian tubuhnya dan ekornya yang bisa mengembang. 

Karena kecantikannya ikan cupang jenis ini juga dijual dengan harga yang tidak murah loh. Ikan cupang halfmoon dijual mulai dari harga Rp 3 juta! Wah, mahal banget ya ikan cantik ini. 

  1. Ikan Cupang Fancy 
Sumber : cdn.idntimes.com – Ikan Cupang Fancy
Ikan Fancy terkenal dengan warnanya yang indah, warna-warni dan terlihat cantik seperti lukisan. Tidak heran jika ikan cupang jenis ini dijual dengan harga yang cukup mahal. 

Corak yang dimiliki ikan cupang fancy tidak dimiliki oleh ikan cupang jenis lain. Saat melihat ikan cupang ini kalian akan langsung melihat terangnya warna merah dengan gradasi warna putih, cantiknya warna biru, indahnya warna hijau dan masih banyak lagi. 

Ikan yang cantiknya seperti sebuah lukisan ini dijual dengan harga mulai dari ikan cupang Fancy anakan yang harganya Rp 100.000 sampai ikan cupang fancy juara mencapai Rp 2 juta! 

Gak kaget kan kalau Ikan Cupang Fancy ini masuk kedalam jenis ikan cupang termahal di Indonesia.

Baca juga : Piara Ikan Cupang, Bisa Jadi Ladang Cuan

  1. Ikan Cupang Plakat
Sumber : cdn.idntimes.com – Ikan Cupang Plakat
Jenis ikan cupang selanjutnya yang masuk kedalam kategori ikan cupang termahal di Indonesia adalah ikan cupang plakat, yang juga dikenal dengan ikan ekor pendek. Nama ikan ini diambil dari bahasa Thailand, “Plakat” yang artinya pertarungan. 

Ikan ini memang ada beberapa yang dipelihara sebagai ikan aduan, namun dengan begitu ikan ini memiliki corak yang tak kalah indah loh! 

Ikan plakat ini memiliki sirip dan ekor yang pendek tapi terlihat mengembang. Ikan cupang jenis ini  dijual hingga harga Rp 1 juta! 

  1. Ikan Cupang Giant
Sumber : 2.bp.blogspot.com – Ikan Cupang Giant
Nah, ini dia jenis ikan cupang terakhir yang populer dan masuk jajaran jenis ikan cupang termahal di Indonesia. Ikan cupang giant, ikan ini memiliki ukuran yang lebih besar dari ukuran ikan cupang yang normal. Ikan cupang ini memiliki bentuk tubuh yang besar dan tebal dan memiliki ukuran  +/-12 cm.

Keunggulan dari ikan cupang jenis ini yaitu kalian bisa mengawinkannya dengan jenis ikan cupang lain untuk menghasilkan peranakan yang unik. Ikan cupang jenis ini dijual dengan kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 400.000 an!

Nah itu dia jenis ikan cupang termahal dan paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Gimana? Tertarik untuk pelihara?

Recommended Posts