JAKARTA, Warungdesa.co.id – Tanaman hias sempat menjadi tren sepanjang tahun 2020. Banyak hobi dan tren yang sempat viral dan masyarakat Indonesia kembali memiliki tren yang sebenarnya sudah ada sejak lama namun karena dampak pandemi Covid-19 tren ini kembali hits dan banyak diminati oleh masyarakat. Iya, berkebun merupakan kegiatan yang diminati belakangan ini dan membuat beberapa “Tanaman Hias ini Sempat Jadi Primadona Sepanjang Tahun 2020, Kamu Pernah Rawat Yang Mana?” Penasaran tanaman apa saja yang banyak diburu akhir-akhir ini? Dan mungkin ada tanaman yang kamu rawat dirumah! Yuk simak ulasannya berikut ini!

Banyak masyarakat yang berkebun tanaman hias dan merawat tanaman yang mudah untuk ditemui hingga tanaman hias yang langka. Selain bisa dibuat untuk mendekorasi suatu ruangan, berkebun tanaman hias juga bisa menghilangkan stres disaat pandemi Covid-19 ini. Lalu, apa saja sih tanaman hias yang sempat jadi primadona belakangan ini dan bahkan sampai sekarang masih banyak diburu loh! 

  1. Monstera 
Sumber : 99.co – Monstera

Ini dia tanaman pertama yang sempat jadi tanaman primadona sepanjang tahun 2020. Tanaman hias ini yang banyak sekali diburu masyarakat untuk dirawat dan dijadikan dekorasi di rumah. 

Monstera berasal dari hutan tropis di Amerika Serikat dan memiliki banyak sekali jenis yang berbeda dengan berbagai bentuk yang cantik. Namun hanya beberapa jenis saja yang populer di Indonesia, salah satunya adalah Monstera Obliqua. 

Monstera Obliqua mempunyai daun yang tipis dan lebih banyak lubangnya dibandingkan dengan jenis yang lain. Monstera Obliqua dulu bisa dijual hingga 50 juta loh! Tapi karena sekarang sudah mudah untuk didapat kamu bisa membelinya seharga ratusan ribu untuk ukuran kecilnya. 

  1. Aglonema 
Sumber : kompas.com – Aglonema

Tanaman hias Aglonema di Indonesia sering disebut sebagai Sri Rezeki juga sempat jadi tanaman primadona sepanjang tahun 2020. Dengan memiliki arti

Pembawa Rezeki, tanaman ini menarik para pecinta tanaman hias di Indonesia

yang banyak dikoleksi dan dirawat oleh pecinta tanaman hias di Indonesia. 

Di Indonesia setidaknya ada 30 jenis Aglaonema yang ada, namun yang paling banyak dicari adalah Aglaonema Bidadari. 

Seperti namanya, Aglonema Bidadari memiliki warna yang sangat cantik seperti warna kuning, pink, jingga dan hijau serta tangkai nya berwarna merah muda. 

Aglonema Bidadari tergolong cukup mahal, di pasaran tanaman cantik ini bisa dijual mulai dari 100 ribu sampai 150 ribu an! 

  1. Anggrek 
Sumber : cdn.idntimes.com – Anggrek Hitam

Nah untuk tanaman lainnya yang sempat jadi tanaman primadona di tahun 2021 adalah Anggrek. Siapa sih yang gak tau tanaman hias cantik yang bernama Anggrek ini? Di Indonesia ternyata banyak loh bunga Anggrek yang langka dan harga nya ternyata sampai puluhan bahkan ratusan juta! 

Iya ini dia Anggrek Hitam yang hanya bisa ditemukan di hutan Papua. Warna hitamnya yang elegan dengan mahkota bunga yang berwarna cantik membuat Anggrek Hitam ini terlihat sangat misterius. 

Kamu mau tau harga dari Anggrek Hitam ini? ternyata, harga jual nya bisa mencapai 100 juta loh! 

Baca juga : Jenis Ikan Cupang Termahal di Indonesia

  1. Philodendron Pink Princess
Sumber : portaljember.pikiran-rakyat.com – Philodendron Pink Princess

Tak kalah dengan tanaman hias yang lain, si cantik merah muda ini juga jadi primadona bagi pecinta tanaman. Ini dia Philodendron Pink Princess. 

Tanaman hias  ini sempat menjadi primadona sepanjang tahun 2020. Hal ini dikarenakan keunikannya yang sangat cantik, ia memiliki 2 warna yang berbeda di daunnya. Ada yang berwarna hijau gelap, ada juga yang berwarna pink. Dengan kecantikan dan keunikan yang dimilikinya, itulah mengapa tanaman ini menjadi tanaman hias primadona bagi pecinta tanaman. 

Philodendron Pink Princess ini juga termasuk tanaman hias yang mahal loh, sekarang harga dari tanaman hias ini bisa sampai 3 juta an! 

  1. Anthurium Andraeanum
Sumber : popbela.com – Anthurium Andraeanum

Anthurium memiliki banyak jenis lainnya, tapi salah satu yang paling banyak diburu yaitu Anthurium Andraeanum yang biasa dijual dengan harga mulai dari Rp 60 ribu sampai Rp 100 ribuan.

Tanaman yang lebih akrab dikenal dengan sebutan Bunga Flamingo ini memiliki gaya daun yang khas dengan warna merah nya yang terang. Bunga Anthurium nya berbentuk menyerupai hati dan agak besar yang memiliki tanduk lurus putih dan ini lah yang menjadikan tanaman ini begitu unik dan cantik. 

Banyaknya keunikan dan kecantikan tanaman hias diatas membuat tanaman ini menjadi tanaman primadona yang banyak diburu. Memang merawat tanaman itu menyenangkan karena selain bisa mengurangi rasa stres namun tanaman-tanaman cantik ini bisa mempercantik ruangan dan lingkungan rumah kamu yang membuat suasana jadi lebih happy! Kalau kamu pecinta tanaman, kamu pernah rawat yang mana?

Recommended Posts