JAKARTA, Warungdesa.co.id –  Ketika mendengar kata Madura apa yang langsung terlintas dari kota penghasil garam tersebut di kepala kalian? Selain sate dan keindahan alam nya ternyata di Madura ada tradisi unik yang sampai sekarang masih menjadi kegiatan yang dilakukan masyarakatnya loh yaitu “Kampung Pasir Madura, Tradisi Unik Selama Ratusan Tahun”

Ini dia tradisi unik ratusan tahun di Madura tepatnya di daerah Dusun Pesisir, Desa Legung Timur, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Disana masyarakatnya memiliki tradisi yaitu tidur diatas kasur pasir! Tidur diatas kasur ini dianggap memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Pasir Digunakan Sebagai Tempat Istirahat Sehari-hari 

Sumber : mancode.id

Bahkan masyarakat disana tidak hanya tidur diatas kasur pasir saja, namun mereka terbiasa untuk melakukan semua aktivitas sehari-hari di atas kasur pasir ini. Seperti bersantai, bermain, dan bercengkrama dengan keluarga bahkan warga disana pun melahirkan di atas pasir. Mereka sudah terbiasa dan bertumbuh di atas pasir. 

Karena tradisi ini sudah dilakukan turun-temurun selama ratusan tahun maka tidak heran jika setiap rumah masyarakat disana pasti memiliki kasur pasir ini bahkan tidak jarang juga terdapat kotak pasir besar di halaman rumah yang digunakan untuk bercengkrama bersama tetangga. 

Baca juga : Wisata Kuliner Di Cirebon? Yuk Cobain Makanan Berikut!

Segudang Manfaat Dari Kasur Pasir

Sumber : bocahpetualang.com

Tidur dan bersantai diatas pasir kasur dipercaya masyarakat Dusun Sumenep bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan bisa menolak serangan guna-guna. 

Pasir ini bisa menyesuaikan dengan kondisi cuaca, jika cuaca sedang panas maka pasir akan terasa lebih dingin begitupun jika cuaca sedang dingin maka pasir akan terasa lebih hangat sehingga jika tidur diatas kasur pasir akan membuat pegal linu dan capek hilang dan segala penyakit tidak akan mudah menyerang sehingga bisa memperpanjang usia karena jarang terserang penyakit. 

Tradisi turun-temurun “Kampung Pasir Madura, Tradisi Unik Selama Ratusan Tahun” ini ternyata sudah dilakukan warga Dusun Sumenep selama bertahun-tahun loh! Gimana? kalau disuruh pilih untuk tidur nyaman di atas kasur empuk atau tidur di atas kasur pasir yang sudah jadi tradisi turun-temurun dan punya segudang banyak manfaat, kalian lebih pilih yang mana? 

Recommended Posts