JAKARTA, Warungdesa.co.id – Karena belakangan ini tren piara ikan cupang sedang banyak digandrungi masyarakat, untuk kalian yang pintar membaca peluang “Piara Ikan Cupang, Bisa Jadi Ladang Cuan” loh! 

Setelah mengetahui berbagai macam jenis ikan cupang yang banyak diburu dan termahal di Indonesia, sekarang kita akan membahas bagaimana caranya tren ini bisa membuat kita mendapatkan peluang usaha dengan cara budidaya ikan cupang. 

Kali ini Warung Desa sudah merangkum hal yang harus kalian lakukan dan perhatikan saat ingin membudidayakan ikan cupang agar jadi cuan, yuk simak ulasannya! 

  1. Pahami Jenis Ikan Cupang 
Sumber : ikanesia.id

Sebelum kalian ingin mulai mencoba budidaya ikan cupang, tentunya kalian harus paham terlebih dahulu jenis-jenis ikan cupang ini. Ternyata ikan cupang memiliki 2 jenis yaitu Ikan cupang aduan dan Ikan cupang hias. 

Ikan jenis aduan biasanya diperuntukan untuk diadu. Ikan jenis ini biasanya memiliki ciri mulutnya tertutup rapat dan tidak menganga, gerakannya agresif, dan untuk ukuran tubuh mulai dari leher dan ekor memiliki ukuran yang sama namun pada ujung ekor bentuknya mengecil. 

Dan untuk ikan cupang hias biasanya dipelihara untuk dirawat dan dijadikan hiasan saja atau dilombakan dalam hal keindahan warna. Seperti jenis crown tail, halfmoon, plakat dan double tail. 

Selain itu kalian juga harus bisa membedakan jenis kelamin dari ikan cupang sebelum kalian membudidayakannya. Ikan cupang betina memiliki ciri-ciri sifat yang lamban dengan sirip dan ekornya lebih pendek, warna kusam dan bentuknya lebih kecil. Sedangkan ikan cupang jantan memiliki ciri-ciri lincah, ekor dan siripnya mengembang, memiliki warna yang cerah dan memiliki bentuk tubuh yang lebih besar. 

  1. Pastikan Indukan Cupang Berkualitas
Sumber : fishkeepingworld.com

Setelah mengetahui jenis-jenis ikan cupang selanjutnya yaitu kalian harus memilih indukan ikan cupang yang sehat dan tidak cacat. Untuk memilih indukan betina, pilihlah ikan yang memiliki warna tidak lebih cerah dari jantan, badan pendek dan gemuk dan berumur 4-6 bulan. Sedangkan untuk indukan jantan pilihlah ikan yang memiliki ekor dan sirip yang panjang dan mengembang, memiliki warna yang cerah, bentuk badan yang panjang dan ramping dan berumur 5-6 bulan. 

  1. Sediakan Tempat Untuk Ikan Cupang 
Sumber : redhillbetta.50webs.com

Ikan cupang terkenal karena ketahanannya tinggal dimana saja, di berbagai kondisi bahkan dengan kondisi yang minim oksigen. Kalian bisa menempatkan ikan cupang di dalam aquarium yang tidak terlalu besar, dan yang penting jangan menempatkan lebih dari satu ikan dalam tempat yang sama karena mereka akan saling menyerang. 

Baca juga : Budidaya Gabus, Asal Cermat Untung Terus

  1. Berikan Daun Ketapang 
Sumber : cupanghias.xyz

Daun ketapang memiliki peranan yang penting dalam budidaya ikan cupang. Karena selain bisa menyembuhkan penyakit kulit pada ikan cupang, daun ketapang juga bisa membuat warna dari ikan cupang ini menjadi lebih cerah. Daun ketapang juga menjadi tempat ikan cupang menyimpan telurnya saat proses pemijahan karena daun ini dapat membunuh bakteri dan parasit serta mencegah penyebaran jamur dan penyakit kulit. 

  1. Jual Indukan Ikan Cupang Di Marketplace 
Sumber : id.pinterest.com

Nah ini dia, setelah kalian berhasil membudidayakan ikan cupang ini mulai lah untuk menjual indukannya. Banyak sekali masyarakat yang masih mencari indukan ikan cupang bahkan tidak hanya mencari di pasar biasa saja, banyak orang juga yang mencari dan ingin membeli indukan ikan cupang di marketplace. 

Selain bisa memperluas segmentasi pasar kalian, berjualan di marketplace juga membuat penjualan kalian tidak memerlukan modal yang sangat besar. 

Untuk menarik pembeli di marketplace, jangan lupa untuk menambahkan foto-foto ikan cupang yang cantik dan semenarik mungkin. Selain itu kalian juga bisa menambahkan promo-promo menarik seperti gratis obat dan pakan ikan saat pembelian pertama atau promo lainnya yang menarik pembeli. 

Nah, itu dia yang perlu kalian siapkan dan perlu diperhatikan untuk “Piara Ikan Cupang, Bisa Jadi Ladang Cuan”. Tidak sulit bukan? untuk lebih mendalami cara-cara dan tips memelihara ikan cupang kalian juga bisa mencari komunitas pecinta ikan cupang agar belajar dari para kolektor yang lain dan bahkan kalian juga bisa menjual hasil budidaya kalian ke para teman-teman di komunitas tersebut, jadi tambah cuan loh! 

Jangan lupa untuk usaha sampingan sambil jual cupang kalian juga bisa instal Warung Desa loh. Karena dengan Warung Desa kalian bisa punya usaha sampingan yang gak terikat jam kerja. Terus cuma Warung Desa yang bisa bikin kalian punya usaha rumahan hasil kantoran loh!.

Recommended Posts