JAKARTA, Warungdesa.co.id – Keindahan alam Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi, karena selain menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia sendiri, beberapa tempat wisata di Indonesia sudah terkenal sampai mancanegara. Wisata alam di Indonesia terdiri dari berbagai pilihan mulai dari pantai hingga gunung. Hal ini ada karena di setiap pulau besar Indonesia terdapat hamparan alam yang indah nan elok, belum lagi adanya keindahan fenomena alam yang hanya terjadi di Indonesia. 

Untuk kalian yang ingin “Berwisata Ke Fenomena Alam Unik Di Indoesia” Warung Desa telah merangkum beberapa tempat yang oke banget lho! Yuk kita simak bareng – bareng.

Salju Abadi 

Sumber : Grid.id – Salju Abadi di Pegunungan Jayawijaya

Fenomena alam unik yang pertama akan dibahas di Warung Desa adalah Salju Abadi. Mustahil bukan jika di negara tropis bisa ada salju? Eits tapi ternyata di Puncak Cartenz, Pegunungan Jayawijaya, Papua terdapat salju yang menutupi puncaknya dan ini tentunya merupakan fenomena alam yang unik. Tapi sayang sekali, salju yang menutupi puncak Pegunungan Jayawijaya ini sudah mulai hilang karena efek dari pemanasan global. 

Api Abadi 

Sumber : madureh.com -Api Tak Kunjung Padam

Fenomena alam unik selanjutnya terletak di Madura, yang terdapat fenomena alam unik yang mampu menarik perhatian masyarakat. Ini dia “Api Tak Kunjung Padam” yang terletak di Desa Larangan Tokol, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura. 

Lokasi Api Tak Kunjung Padam ini sering dipakai untuk lokasi perkemahan loh, walaupun api ini diguyur hujan yang sangat deras namun api ini tetap berkobar. 

Baca juga : Kampung Pasir Madura, Tradisi Unik Selama Ratusan Tahun

Seruling Laut 

Sumber : hipwee.com – Seruling Laut Pantai Klayar

Fenomena alam di Indonesia selanjutnya terletak di Pantai Klayar sebuah pantai yang ada di Kabupaten Pacitan. Fenomena yang terdapat di pantai ini adalah Seruling Laut. Dimana air laut keluar dari celah-celah batu karang di tepi pantai. Uniknya, saat air laut melewati celah bebatuan akan menimbulkan suara yang mirip dengan seruling. Wah unik banget yah? 

Blue Fire 

Sumber : genpi.co – Blue Fire Kawah Ijen

Kawah Ijen, disini kalian akan menemukan fenomena alam berupa Blue Fire dan Blue Sapphire. 

Jika kalian mengunjungi Kawah Ijen pada siang hari kalian akan melihat indahnya langit biru yang membentang dan pesona telaga ijen yang cantik dengan nuansa warna tosca atau disebut juga blue sapphire.

Namun jika kalian mengunjungi Kawah Ijen pada malam hari, kalian akan melihat penampakan Blue Fire atau api biru yang bergelora dari kawah yang hanya bisa disaksikan pada malam hari. 

Fenomena Laut Terbelah

Sumber : kumparan.com – Pantai Lariti NTB

Di Indonesia ternyata ada fenomena laut terbelah loh! Fenomena ini terdapat di Pantai Lariti Nusa Tenggara Barat. Dimana pada momen tertentu air laut di pantai ini dapat menjadi surut dan membuat seolah laut di pantai ini terbelah.

Menariknya lagi saat terbelah, terbentuk sebuah jalan yang menghubungkan antara pantai ini dengan sebuah pulau kecil di depannya. Wahhh keren banget kan? 

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang tiada habisnya maka dari itu kita sebagai masyarakat yang hidup dan tinggal di alam yang indah ini sudah menjadi tanggung jawab kita untuk menjaga dan memeliharanya. 

Fenomena alam ini membuat kita menjadi lebih bangga dan cinta terhadap keindahan yang diberikan alam Indonesia. Nah dari fenomena alam di atas, kalian sudah pernah mengunjungi yang mana nih? 

Recommended Posts