JAKARTA, Warungdesa.co.id – Nonton anime bareng keluarga pastinya seru banget ya, berikut ini Warung Desa merekomendasikan beberapa “Rekomendasi Film Anime yang Asik Ditonton Bareng Keluarga” :

1. My Neighbor Totoro (1988)

Rekomendasi Film Anime Keluarga
Sumber : mymodernmet.com – My Neighbor Totoro

Membahas rekomendasi film anime tentunya enggak lengkap jika tidak memasukkan beberapa film yang digarap Studio Ghibli. Salah satu film Studio Ghibli yang cocok ditonton bersama keluarga adalah My Neighbor Totoro yang menjadi film ketiga yang diproduksi oleh perusahaan animasi tersebut. Film garapan Hayao Miyazaki ini pun mendapatkan respons yang sangat positif dari kritikus atau penonton di seluruh dunia.

Sinopsis dari film My Neighbor Totoro mengisahkan seorang profesor yang pindah bersama kedua putrinya ke sebuah kediaman yang terletak dekat rumah sakit tempat istrinya dirawat. Tak lama setelah pindah, Satsuki dan Mei selaku anak dari sang profesor tersebut pun bertemu dengan roh menggemaskan bernama Totoro dan menjalin pertemanan dengannya.

Sepanjang film ini, kita pun akan disajikan dengan petualangan dari Totoro bersama kedua gadis tersebut. Petualangan mereka pun dikemas secara menyenangkan dan dijamin akan membuat siapa saja yang menontonnya jadi teringat kenangan masa kecil. Selain itu, film ini juga berhasil menyelipkan konflik keluarga yang berhubungan dengan ibu dari Satsuki dan Mei yang mengalami sebuah penyakit.

2. Spirited Away (2001)

Rekomendasi Film Anime Keluarga
Sumber : mymodernmet.com – Spirited Away

Satu lagi film anime produksi Studio Ghibli yang patut kalian tonton pada momen Lebaran ini, yaitu Spirited Away. Film ini mengisahkan seorang gadis bernama Chihiro dan keluarganya yang pindah ke kota. Namun, saat mencari alamat baru rumahnya, mereka salah jalur dan mampir ke sebuah taman rekreasi yang sudah tampak terbengkalai, anehnya kedua orang tuanya malah memberanikan diri untuk makan di sana.

Tak lama setelah makan di restoran yang ada di taman rekreasi tersebut, kedua orang tua Chihiro pun berubah menjadi seekor babi. Hal ini terjadi karena ternyata Chihiro dan keluarganya secara enggak sengaja masuk ke dunia roh ketika mampir ke taman rekreasi tersebut. Chihiro pun pada akhirnya harus mencari cara seorang diri demi bisa keluar dari dunia roh tersebut sekaligus menyelamatkan orang tuanya.

Spirited Away pun sangat cocok untuk jadi rekomendasi film anime buat ditonton bersama keluarga di momen lebaran ini. Sebab, selain menyajikan perjuangan seorang anak dalam membantu kedua orang tuanya, film ini juga punya pesan moral agar kita selalu menjaga lingkungan sekitar. Kualitas dari film ini pun tak perlu diragukan lagi karena berhasil menjadi “Film Animasi Terbaik” pada gelaran Oscar 2003.

Baca juga : Rekomendasi Film Netflix Yang Bakal Buat Kamu Tersenyum

3. A Letter to Momo (2011)

Rekomendasi Film Anime Keluarga
Sumber : mymodernmet.com – A Letter To Momo

A Letter to Momo punya kisah bertema keluarga yang dijamin akan menghangatkan hati kalin. Film anime ini berfokus pada seorang gadis berusia 11 tahun yang bernama Momo Miyaura yang terpaksa pindah ke kota kecil bersama ibunya setelah ayahnya meninggal dunia. Sesampainya Momo di rumah barunya, dia bertemu dengan tiga sosok yokai atau roh yang ada di legenda Jepang.

Meski penampilan para yokai tersebut cukup menyeramkan, mereka justru sangat baik hati dan akhirnya menjadi teman baru dari Momo. Bahkan, para yokai juga turut menemani Momo saat dia harus bertualang jauh demi mendapatkan obat untuk penyakit asma milik ibunya yang kambuh.

Lewat film ini, kalian pun akan kembali disajikan dengan perjuangan seorang anak demi membantu orang tuanya dengan ditemani makhluk spiritual seperti di Spirited Away. Namun, selain itu, film ini juga menampilkan bagaimana proses seorang anak dalam menghadapi rasa kehilangan setelah ayahnya meninggal dunia. Nah, keberadaan para yokai pun sangat berperan penting dalam proses tersebut.

4. Wolf Children (2012)

Rekomendasi Film Anime Keluarga
Sumber : mymodernmet.com – Wolf Children

Wolf Children adalah sebuah film garapan Mamoru Hosoda yang bisa dibilang sutradara spesialis film bertema keluarga. Oleh karena itu, Wolf Children menjadi salah satu rekomendasi film anime yang juga akan sangat cocok ditonton bersama keluarga di momen Lebaran. Apalagi, Wolf Children berhasil meraih piala “Animation of the Year” pada ajang Japan Academy Film Prize sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

Kisah dari film ini berfokus pada seorang wanita manusia bernama Hana yang harus mengurus kedua anaknya seorang diri setelah ditinggal mati oleh suaminya. Kondisi Hana tersebut pun dipersulit dengan fakta bahwa suaminya merupakan manusia setengah serigala sehingga kedua anaknya juga bisa berubah menjadi seriala. Hal ini pun membuat Hana enggak bisa membesarkan anaknya di wilayah yang banyak orang.

Hasilnya, Hana pun terpaksa membesarkan kedua anaknya di sebuah desa terpencil sembari mengajarkan mereka untuk bisa mengontrol kemampuan transformasinya. Film ini pun bisa dibilang sukses menyajikan konflik nyata yang dihadapi oleh single parent yang dikemas dengan cara unik. Oh ya, kalau bisa siapkan tisu ketika nonton film ini, karena kalian dijamin akan dibuat nangis lewat suka duka kisah hidup Hana.

5. Mirai (2018)

Sumber : mymodernmet.com – Mirai

Selain Wolf Children, Mamoru Hosoda juga terlibat dalam penggarapan dari film anime bertema keluarga yang berjudul Mirai. Malahan, kalau bisa dibilang Mirai menjadi film paling sukses yang pernah digarap oleh Hosoda. Hal ini karena Mirai berhasil menjadi film anime yang bukan diproduksi Studio Ghibli pertama yang berhasil mendapatkan nominasi sebagai “Film Animasi Panjang Terbaik” di ajang Oscar.

Dalam film ini, kita akan mengikuti kisah hidup dari seorang bocah laki-laki bernama Kun. Anak yang berusia empat tahun tersebut pun awalnya hidup bahagia bersama kedua orang tuanya. Namun, kehidupan Kun seketika berubah ketika dia punya adik cewek bernama Mirai. Hal ini karena kini kedua orang tua dari Kun seolah lebih peduli dengan Mirai yang tentunya membuat Kun menjadi cemburu.

Ketika kekesalan Kun memuncak, dia secara tak sengaja bertemu sosok pria misterius yang mengaku sebagai temannya sekaligus penjaga rumahnya. Bersama teman barunya tersebut, Kun pun bertualang ke masa depan dan masa lalu untuk menemukan alasan di balik perubahan sikap kedua orang tuanya. Tak cuma itu, dia juga akhirnya menjadi memahami rasa sayang kedua orang tuanya terhadap Mirai.

Rekomendasi film Ghibli diatas cocok banget kan buat kalian nonton bareng keluarga. Memang Rekomendasi Film Anime yang Asik Ditonton Bareng Keluarga  sangat sesuai buat teman – teman Warung Desa yang punya anak ataupun adik yang masih kecil nih! Baca juga artikel rekomendasi menarik lainnya di Warung Desa. Untuk kalian yang ingin membuka usaha dari rumah jangan lupa untuk instal aplikasi Warung Desa karena dengan Warung Desa kamu bisa menikmati “Usaha Rumahan Hasil Kantoran”

Selamat menonton!

Recommended Posts