JAKARTA, Warungdesa.co.id – Jogja terkenal sebagai kota wisata, hal ini dikarenakan Jogja memiliki ratusan destinasi wisata yang menjadi refrensi bagi jutaan wisatawan lokal maupun mancanegara yang akan berkunjung ke Joga. Jika berkunjung ke Jogja tentu tidak lengkap jika tidak berwisata kuliner di sana. Kuliner Jogja identik dengan makanan tradisional yang memiliki cita rasa tinggi. Selain itu, harganya pun cenderung murah jika dibandingkan dengan kota besar lainnya, seperti Jakarta dan Bandung. Nah kalau “Wisata Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Coba”, berikut 11 list makanannya. Yuk simak!.

1. Gudeg Jogja

Sudah bukan rahasia lagi jika kuliner pertama yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Jogja adalah gudeg. Ke Jogja tentu tidak lengkap jika belum menyantap gudeg.

Makanan khas Jogja bahkan sudah populer hingga ke mancanegara. Terbuat dari nangka muda yang dibuat dengan santan, gudeg memiliki cita rasa khas yang manis.

Gudeg biasanya dilengkapi dengan sambal krecek, telur rebus atau pindang, dan tempe. Gudeg juga sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Jika ingin mencobanya, tidak perlu khawatir. Sebab, kamu bisa menemukan penjual gudeg di setiap sudut Jogja.

Resep Gudeg Jogja ala Rumahan | kumparan.com
Sumber : Kumparan.com – Gudeg ala Jogja

Baca juga : Wisata Kuliner Di Cirebon? Yuk Cobain Makanan Berikut!

2. Angkringan Jogja

Meskipun sudah banyak ditemui di kota-kota besar, angkringan tetap merupakan makanan khas Jogja yang cukup ikonik karena berawal dari gerobak dorong seperti kaki lima yang lama-kelamaan menjadi sangat populer.

Angkringan Wijilan salah satu angkringan terkenal di Yogyakarta yang dekat area Alun-alun Yogyakarta
Sumber : instagram/vegha_8 – Angkringan Wiljan

Angkringan sendiri adalah tempat makan favorit anak muda di Jogja. Nasi kucing yang merupakan nasi putih polos yang diberi isian oseng tempe, oseng teri, atau sambal dan dibungkus menggunakan daun pisang adalah menu wajib yang harus kamu coba ketika datang ke angkringan. Selain itu, terdapat menu lainnya di angkringan, seperti gorengan, sate usus, sate telur puyuh, dan lain sebagainya.

Biasanya, angkringan mulai beroperasi pada sore hari hingga malam hari. Maka, tak heran jika angkringan sering dipenuhi oleh anak muda yang ingin makan atau sekadar nongkrong bersama teman-temannya di malam hari. Usaha angkringan sendiri sudah menjamur di Jogja dan bahkan sudah banyak bermunculan di beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

3. Oseng Mercon Jogja

Dilihat dari namanya, tentu kamu sudah bisa menebak kalau makanan khas Jogja yang satu ini memiliki cita rasa yang seperti apa. Ya, makanan yang terkenal pedas ini memang menjadi favorit bagi pecinta cabai.

Oseng Mercon dan 4 Kuliner Pedas di Jogja untuk Menu Makan Malam
Sumber : Travel.tribunnews.com – Oseng Mercon Bu Narti

Oseng mercon terbuat dari tumis tetelan sapi yang lezat dan dimasak dengan cabai rawit hingga menimbulkan aroma pedas yang kuat. Selain tetelan sapi, bagi kamu penggemar seafood juga sudah tersedia oseng mercon cumi dan udang.

Bahan yang digunakan untuk membuat oseng mercon yaitu, tetelan daging sapi, cabai rawit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, daun salam, jahe, lengkuas, garam, dan gula merah. Bagi pecinta makanan pedas, oseng mercon bisa dijadikan salah satu pilihan makanan yang bisa menggoyang lidah kamu.

4. Sate Klathak Jogja

Berkunjung ke Jogja rasanya kurang lengkap kalau belum menyantap sate klathak. Sate klathak adalah sate yang berasal dari daerah Imogiri dan terbuat dari daging kambing muda yang kemudian ditusuk dengan menggunakan ruji besi sepeda. Ya, salah satu keunikan dari sate ini adalah terletak pada jenis tusukannya. Bukan tanpa alasan menggunakan ruji besi tersebut. Besi dikenal dapat menghantarkan panas sehingga dapat membuat daging sate matang lebih merata.

Sate Klathak Pak Pong - Sate jogja terkenal 2021
Sumber : jogjakita.co.id – Sate Klathak

Makanan khas Jogja ini juga kerap disajikan dengan kuah gulai. Proses pembakaran sate ini juga hanya dibumbui dengan garam dan merica saja. Nama klathak sendiri berasal dari suara sate yang ketika dibakar berbunyi “klathak-klathak”. Unik, ya?

5. Bakpia Jogja

Bakpia adalah salah satu oleh-oleh makanan khas Jogja selain gudeg yang sudah sangat populer bahkan hingga ke mancanegara. Bakpia merupakan kue yang berisi kacang hijau yang dibungkus dengan kulit terigu. Rasa bakpia yang lumer di mulut memang tidak bisa dilupakan. Bakpia adalah oleh-oleh wajib jika kamu berkunjung ke Jogja. Kini, selain kacang hijau, bakpia juga tersedia dalam berbagai pilihan isi, seperti coklat, keju, durian, dan lain sebagainya.

5 Bakpia Paling Favorit di Yogyakarta untuk Oleh-oleh Lebaran - Tribun  Travel
Sumber : Tribunnews.com – Bakpia Jogja

Nah, artikel diatas merupakan satu  dari miliaran kekayaan nusantara lain yang wajib kamu tau, terima kasih telah membaca Wisata Kuliner Jogja Yang Wajib Kamu Coba” baca artikel nusantara menarik lainnya hanya di Warung Desa. untuk kalian yang ingin membuka usaha dari rumah jangan lupa untuk instal aplikasi Warung Desa.

karena dengan Warung Desa kamu bisa menikmati “Usaha Rumahan Hasil Kantoran”

Recommended Posts