JAKARTA, Warungdesa.co.id – Sepatu putih memang salah satu item fashion yang sedang happening banget dan bisa bikin penggunanya berpenampilan lebih kece. Sayangnya, sepatu putih rentan banget untuk berubah warna menjadi kekuningan. Dan sepatu yang menguning malah bikin penampilanmu terlihat kurang maksimal lho. Pasti sebagian dari kamu bertanya – tanya gimana cara bikin sepatu putih bisa bersih lagi tanpa harus bawa ke laundry sepatu

Ternyata ada loh cara untuk menghilangkan warna kekuningan pada sepatu putih yang kekuningan atau disebut unyellowing. Nah, di artikel ini Warung Desa akan memberikan tips “Cara Bikin Sepatu Putih Kamu Bersih Kembali” dengan bahan – bahan yang ada di rumah. Mau tau caranya? Yuk simak dibawah ini!

Pemutih Pakaian

OUT White Brite Laundry Whitener
Sumber : thespurce.com – Pemutih pakaian

Tips pertamadari Warung Desa merupakan yang paling umum digunakan untuk membuat sepatu putih bersih kembali adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Alat dan bahan yang harus disiapkan pertama adalah sikat, plastik wrap dan tentunya pemutih pakaian.

Langkah – langkah yang harus digunakan cukup mudah. Pertama, bersihkan sepatu dari kotoran – kotoran yang menempel. Kedua, setelah kotoran tersebut terlepas oleskan cairan pemutih pakaian di bagian sepatu – sepatu yang berubah warna kekuningan dan sikat bagian tersebut. Ketiga, bungkus bagian yang sudah dibersihkan tadi dengan menggunakan plastik wrap. Terakhir, jemur sepatu yang sudah dibersihkan di ruang terbuka. Jangan menjemur sepatu langsung di terik matahari karena dapat membuat sepatu jadi cepat rusak. 

Krim Bleaching Rambut

Sumber : Getty Image/Erstudiostok

Cara yang kedua ini sedang ramai banget loh dibicarakan di sosial media terutama Twitter. Yang dibutuhkan untuk cara kedua ini yaitu krim bleaching, sikat, kuas kecil, plastik wrap, dan air sabun. Buat merek bleachingnya kamu bisa menggunakan produk apapun yah.

Bersihkan terlebih dahulu kotoran – kotoran yang menempel pada sepatu putih kamu dengan air sabun. Dan setelah bersih dan kering barulah kita bisa mulai proses membersihkan sepatu putih agar terlihat bersih kembali.

Pertama – tama, oles krim bleaching pada bagian yang menguning dengan kuas. Kedua, bungkus sepatu dengan plastik wrap dan diamkan 30 menit di dalam suhu ruangan.

Setelah didiamkan, buka plastik wrap dan bersihkan sisa krim bleaching yang mengering pada sepatu menggunakan sikat. Nah setelah selesai, sepatu putih kamu akan terlihat bersih seperti masih baru kembali.

Baca juga : Tips Hemat Pengeluaran Uang Di Masa Pandemi

Baking Soda dan Cuka

Close-Up Of Baking Soda And Vinegar On Table Against White Background
Sumber : Getty Image/Eye Em

Karena kedua bahan ini mengandung bahan yang sangat kuat, sehingga dapat membersihkan sepatu menjadi putih seperti sedia kala.

Langkah yang harus dilakukan pertama adalah campurkan setengah cangkir cuka kedalam mangkuk kemudian campur dengan seperempat cari soda kue, lalu aduk sampai cairan berbusa.

Kedua, gunakan kuas untuk menggosok sepatu. Lakukan berulang kali hingga beberapa menit.

Ketiga, bilas dengan air bersih dan jemur sepatu di ruangan terbuka. Setelah kering kamu akan mendapatkan sepatu putih kamu kembali bersih seperti baru.

Pasta Gigi

Toothpaste isolated on white background Premium Photo
Sumber : Freepik/chercv99

Ternyata pasta gigi tidak hanya bisa untuk membersihkan gigimu loh. Tetapi pasta gigi yang mengandung pemutih ternyata juga bisa membersihkan sepatu kamu supaya bersih kembali seperti baru. Siapa sih yang gak mau sepatu putihnya kinclong terus. Berikut caranya.

Pertama siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan seperti pasta gigi yang mengandung pemutih, sikat, handuk microfiber dan lap bersih.

Kedua, bersihkan kotoran yang ada pada sepatu dengan menggunakan handuk microfiber dan basahi sepatu.

Ketiga, oles pasta gigi pada bagian sepatu yang menguning dan sikat perlahan bagian tersebut hingga warna kekuningan memudar. kemudian bilas dengan air.

Terakhir keringkan sepatu dengan lap bersih dan keringkan pada ruangan terbuka.

Nah itu dia beberapa “Cara Bikin Sepatu Putih Kamu Bersih Kembali” ala Warung Desa. Dari keempat tips diatas mana yang mau kamu coba untuk bersihin sepatu putih kamu? Selamat mencoba yah!

Untuk bersihin sepatu kamu bisa baca tapi kalau untuk urusan cari uang dari rumah ya Warung Desa solusinya. Jangan lupa di download yah!

Recommended Posts