JAKARTA, Warungdesa.co.id – Cara mengatasi stress saat pandemi memang menjadi pencarian yang paling utama ketika semua orang harus di rumah saja, agar tidak tertular paparan Virus Corona.

Virus Corona yang juga dikenal dengan COVID-19, telah menjadi pandemi global yang memengaruhi ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia.

Keadaan yang semulanya normal, menjadi tidak pasti karena kondisi ini. Terlebih lagi banyak pemberitaan di media tentang virus satu ini.

Berbagai cara dilakukan agar penyebaran COVID-19 tidak meluas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk melakukan social distancing, penerapan bekerja dan sekolah di rumah selama pandemi, tidak boleh berkerumun, harus menggunakan masker jika beraktivitas di luar, dan rajin mencuci tangan.

Kondisi ini tanpa disadari mengakibatkan panik dan stress di saat bersamaan. Banyak yang tidak bisa cepat beradaptasi dengan kondisi baru ini sehingga menjadi stress selama pandemi berlangsung. Untuk itu Warung Desa akan berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membantu diri kita terlepas dari stress, seperti berikut ini :

Makan, Tidur, dan Olahraga seperti Biasa

Beragam Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Fisik dan Mental - Alodokter
Sumber : Alodokter.com – Jogging

Tidur yang cukup, berolahraga secara teratur, dan makan makanan yang sehat dapat membantu kita mengatasi stress saat pandemi, mengurangi kecemasan, dan mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Mungkin Kamu merasa aktiviras keseharian saat berolahraga terganggu, jadi enggan untuk bergerak.

Namun, menyempatkan waktu sedikit seperti 15 menit setiap hari sangat baik untuk membantu meredakan ketegangan dan menenangkan pikiran. Ini menjadi salah satu cara mengatasi stress yang paling ampuh.

Cobalah melakukan beberapa latihan fisik setiap hari, walau itu hanya berupa berjalan-jalan (sesuai jarak sosial) atau jogging di sekitar kompleks rumah atau melakukan lompatan bintang (jumping star) di halaman belakang rumah.

Kamu juga bisa mengukuti berbagai latihan online yang banyak tersedia di YouTube, atau mengikuti kelas yoga online yang bagus untuk kesehatan fisik dan mental.

Menarik Napas yang Dalam

Meditasi untuk Mengatasi Stres dan Penyakit - Alodokter
Sumber : Alodokter.com – Meditasi

Orang yang tertekan cenderung mengambil napas yang cepat dan dangkal, yang semakin memperburuk respons tubuh.

Jika Kamu membiarkan tubuh tetap stress untuk waktu yang lama, ini dapat menekan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh, sehingga dapat mengganggu kesehatan.

Kamu bisa memutus siklus tersebut dengan upaya bernapas secara perlahan dan dalam, sebanyak lima hingga enam napas dalam satu menit.

Kamu bisa melakukannya selama seperempat jam atau lebih sehari. Cara mengatasi stress satu ini juga cocok untuk mengatur mood dan perasaan cemas.

“Napas dalam memperlambat respons stress fisiologis kita,” jelas Dana Rose Garfin, asisten profesor di Sue & Bill Gross School of Nursing di University of California di Irvine.

Oleh karena itu, pernapasan terkontrol sangat penting untuk memperlambat pernapasan dan mengatur asupan oksigen, sehingga Kamu dapat menenangkan tingkat stress.

Para ahli merekomendasikan 3-5 menit pernapasan terkontrol setiap hari. Cobalah memasukkannya ke dalam rutinitas harian di pagi hari atau setelah bekerja.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Psychology pada 2017 menemukan bahwa orang yang melakukan 15 menit pernapasan diafragma 20 kali selama 8 minggu menunjukkan peningkatan suasana hati, dan tingkat hormon stress kortisol yang lebih rendah.

Fokus pada Jangka Pendek

Cheerful young female student with curly dark hair in casual clothes sitting near cute cat and taking notes while doing homework assignment
Sumber : Pexel.com/Sam Lion – Positive Thingking

Mungkin saat ini banyak dari kita yang bertanya-tanya kapan pandemi ini akan selesai?

Tetapi menurut jurnal Personality and Individual Differences, berpikir jangka pendek justru merupakan cara yang lebih efektif untuk menangani stress.

Memetakan dan mengikuti rencana untuk minggu ini atau hari berikutnya juga dapat membantu, memberi kita rasa kontrol yang lebih baik.

Psikolog klinis Paula A. Madrid, dari New York City, merekomendasikan untuk membuat jadwal harian kegiatan sederhana untuk dilakukan, seperti menelepon teman, mencoba resep baru, atau berkebun.

Tetap Terkoneksi dengan Orang Terdekat Kita

Photo of Happy Family
Sumber : Pexel.com/Mig Reyes – Happy Family

Kita mungkin tidak bisa keluar rumah, tetapi teknologi saat ini memberi kita kemudahan untuk tetap terhubung dengan orang lain untuk mencegah diri mengalami stress.

Misalnya, mengikuti sesi olahraga dan ibadah online. Berkabar dengan keluarga dan teman melalui video call atau menggunakan layanan konferensi video seperti Google Hangouts, Skype, atau Zoom, yang gratis.

Tetap terkoneksi dengan orang terdekat terbukti menjadi cara mengatasi stress yang ampuh.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial. Sehingga kehidupan berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain sudah menjadi salah satu kebutuhan.

Dengan demikian pula, Kamu bisa bertukar kabar dengan kerabat yang sudah lama tidak bertemu. Mencemaskan keadaan orang tersayang berlebihan juga bisa menjadi faktor penyebab stress.

Cara mengatasi stress satu ini, mendukung Kamu berbicara dengan seseorang, sehingga bisa berbagi emosi dan pengalaman, memberikan atau menerima dukungan yang membuat diri merasa terhubung.

Rencanakan setidaknya satu koneksi sehari panggilan telepon atau obrolan dengan keluarga atau teman yang bisa meningkatkan mood.

Nikmati Udara Luar

Young Asian woman with wicker basket
Sumber : Pexel.com/Teona Swift – Young Asian Woman Nature

Penelitian menunjukkan bahwa melihat pemandangan alami, seperti pohon, halaman, dan taman, dapat mengurangi gejala stress.

Cobalah untuk menghabiskan waktu di alam karena banyak penelitian telah menunjukkan bahwa hal itu memiliki efek positif pada kesehatan mental. Menghabiskan 20 menit untuk berhubungan dengan alam dapat membantu menurunkan kadar hormon stress.

Nah, maka dengan menikmati udara luar bisa jadi salah satu cara mengatasi stress selama pandemi, yang mengharuskan di rumah saja.

Kamu bisa berjalan-jalan di taman sekitar rumah sebentar atau mulai bercocok tanam sederhana di halaman rumah. Atau Kamu juga bisa bermain bersama hewan peliharaan di sekitar halaman rumah.

Lakukan aktivitas ringan namun menyenangkan bersama Si Kecil dan keluarga, agar tubuh juga tetap bugar.

Bahkan duduk di dekat jendela yang terpapar sinar matahari juga dapat membantu meningkatkan pandangan dan kualitas tidur kita, yang dapat meredakan perasaan cemas.

Baca juga : Tetap Produktif Disaat Weekend? Simak Tips Sederhana Ini

Istirahat dari Membaca atau Menonton Berita

Woman Holding Gray Ceramic Mug
Sumber : Pexel.com/Andrea Piacuadio – Relax

Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti ini, memang bagus untuk tetap update dengan berbagai informasi terkini.

Tetapi mendengar atau membaca berita tentang pandemi terus-menerus bisa membuat kesal. Hal ini karena Kamu dihadapkan pada kenyataan yang tidak diinginkan. Seperti, belum bisa berakivitas seperti biasa, belum adanya kondisi yang membaik, serta angka pasien dan meninggal dunia meningkat.

Informasi tersebut secara tidak langsung akan membuat Kamu semakin stress.

Maka cara mengatasi stress selanjutnya adalah, beristirahatlah dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk informasi yang ada di media sosial.

Berhati-hatilah dengan penggunaan media sosial. Pertimbangkan untuk mematikan pemberitahuan, berhenti mengikuti akun yang memicu stress, mematikan grup WhatsApp dan menyembunyikan posting Facebook yang mungkin membuat kewalahan

Membuat Daftar Kegiatan

Woman Writing on a Notebook
Sumber : Pexel.com/Ivan Samkof – Writing

Membuat daftar rencana atau kegiatan secara terstruktur untuk setiap hari, dengan batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi akan memberi Kamu rasa kendali di tengah masa ketidakpastian.

Walau terlihat simple, bagi beberapa orang yang biasa melakukan kegiatan terstrktur setiap hari lalu harus merubah jadwal akibat pandemi, bisa menjadi penyebab stress, lho.

Cara mengatasi stress satu ini, dimulai dengan membagi hari menjadi aktivitas kecil dan pastikan Kamu meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang disukai. Contohnya adalah dengan mengerjakan hobi atau berolahraga hingga menghabiskan waktu dengan anak-anak atau hewan peliharaan.

Selain itu, tetapkan rutinitas harian untuk bekerja, istirahat secara teratur, kapan waktu untuk tinggalkan meja dan makan siang, serta tetapkan waktu tetap untuk menyudahi pekerjaan. Selain itu, fokuslah untuk mendapatkan tidur yang cukup dan makan makanan sehat secara teratur.

Nah, mungkin beberapa tips diatas bisa kalian coba, terima kasih telah membaca tips dan trik Cara Mengatasi Stress saat Pandemi”

baca tips dan trik unik dan menarik lainnya hanya di Warung Desa. untuk kalian yang ingin membuka usaha dari rumah jangan lupa untuk instal aplikasi warung desa

karena dengan Warung Desa kamu bisa menikmati “Usaha Rumahan Hasil Kantoran”

Recommended Posts