JAKARTA, Warungdesa.co.id – Sebagai tempat ibadah umat Muslim, masjid pasti identik dengan memiliki bangunan yang indah nan megah supaya bisa menampung banyak jemaah. Tapi, selain sebagai tempat ibadah ternyata ada loh masjid yang memiliki arsitektur yang unik dan dijadikan sebagai tempat wisata religi yang menjadikan wisata masjid banyak diminati oleh sebagian kalangan.

“Wisata Religi, Liburan Melihat Masjid Unik Yang Wajib Kamu Kunjungi!” yang telah di rangkum oleh tim Warung Desa sebagai rekomendasi tempat wisata religi.

Masjid Haji Soenarto, Semarang

Sumber : jateng.tribunnews.com – Masjid Haji Soenarto

Selain memiliki Masjid agung bernuansa Masjid Nabawi, Semarang juga memiliki Masjid ikonik yang  tersohor pula. Siapa sangka bangunan berbentuk kapal di atas bukit ini ternyata Masjid lho! 

Wisata religi pertama yang tim Warung Desa rekomendasikan adalah Masjid Haji Soenarto atau dikenal juga sebagai Masjid Kapal Akpelni. Seperti namanya, gambaran Masjid 4 lantai ini dibuat menyerupai kapal sungguhan dengan Anjungan Kapal Pesiar, detail roda kemudi, jendela hingga peralatan kamar radio yang dapat digunakan seperti kapal sungguhan.

Wisata Masjid Kapal Akpelni ini menjadi ikon Kota Semarang sebagai Pusat Maritim. Karena lokasinya di bukit, banyak orang datang untuk berburu sunset sambil menikmati pemandangan Kota Semarang dari ketinggian.

Kalau ke Semarang jangan lupa mampir ya! Nikmati indahnya sunset sambil menunggu ibadah shalat Maghrib di anjungan Masjid Kapal ini!

Masjid 99 Kubah, Makassar

Sumber : suara.com – Masjid 99 Kubah

Kini tim Warung Desa beralih ke wisata religi yang ada di Pulau Sulawesi, sesuai namanya, Kubah Masjid melambangkan 99 Asmaul Husna. Meskipun sampai saat ini pembangunannya belum selesai sejak 2017 lalu, Masjid unik ini digadang akan menjadikan Sulawesi Selatan sebagai destinasi wisata.

Masjid ini menjadi Masjid terdekat di area Centre Point of Indonesia (CPI) karena memang dibangun di atas lahan reklamasi Pantai Losari. Lokasinya sangat tidak biasa bukan? 

Karena lokasinya inilah membuat pemandangan Masjid ini tampak eksotis saat dilihat dari Anjungan Pantai Losari ketika sunrise dan sunset tiba.

Sudah tidak sabar ingin berkunjung? Eits tenang, Masjid indah ini diperkirakan rampung pada tahun 2022, lho?

Baca juga : Intip Rekomendasi Wisata Di Pulau Jawa Ini Sebelum Kamu Berlibur!

Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru

Sumber : idntimes.com – Masjid Agung An-Nur

Masjid agung ini menjadi ikon wisata religi kebanggaan masyarakat setempat. Lokasinya berada di Jalan Hangtuah Kota Pekanbaru. Masjid terdekat dari pusat kota ini dibangun sejak  1962, hingga 2006 akhirnya kembali diresmikan setelah melakukan renovasi besar-besaran.

Masjid yang terlihat megah ini kerap disebut sebagai Taj Mahal dari Indonesia karena sekilas gambaran Masjid menyerupai Taj Mahal India. Namun Masjid agung ini memberi sentuhan khas Melayu dengan warna hijaunya, dimana hijau, kuning dan merah merupakan warna dominan budaya Melayu.

Gimana? indah bukan? Berminat untuk beribadah sekaligus berwisata di Taj Mahal-nya Indonesia?

Masjid Raya Mahligai Minang, Sumatera Barat

Sumber : wartawisata.id – Masjid Raya Mahligai Minang

Masih dari Pulau Sumatera, jika kalian sedang berada di Negeri Andalas, bisa nih mengunjungi wisata masjid terdekat dan termegah yang berada di jantung Kota Padang, tepatnya Padang Utara.

Desain unik Masjid ini datang dari Rizal Muslimin yang memenangkan sayembara. Arsitektur Masjid mengikuti tipologi Minangkabau sehingga gambaran Masjid terlihat seperti Rumah Bagonjong atau Rumah Gadang yang atapnya menyerupai tanduk kerbau.

Meskipun kental dengan nuansa adat, namun wisata relgi ini dilengkapi dengan teknologi modern, lho. Masjid terlihat sangat cantik saat malam karena lampu-lampu LED yang dipasang di sekeliling Masjid.

Nah itu dia masjid-masjid unik yang dijadikan tempat wisata religi di Indonesia karena keunikan arsitekturnya. Jadi selain kalian beribadah kalian juga bisa sambil berwisata, lho! 

Gimana setelah membaca artikel Warung Desa tentang “Wisata Religi, Liburan Melihat Masjid Unik Yang Wajib Kamu Kunjungi!” kalian tertarik gak untuk mengunjungi salah satu masjid di atas? Atau malah mau cari wisata masjid yang lebih keren lagi? Bisa kok! Kan ada Warung Desa yang bikin gampang buat beli paket data dimana aja.

Recommended Posts